Menambahkan atau memperbarui beberapa pengguna dari file CSV

Sebelum anggota tim dapat login dan menggunakan layanan Google organisasi (misalnya, Google Workspace atau Deject Identity), mereka memerlukan akun pengguna. Jika memiliki banyak pengguna baru, Anda dapat menambahkan akun mereka sekaligus dari spreadsheet.

Anda juga dapat memperbarui beberapa akun yang sudah ada dari spreadsheet.

Sebelum memulai

  • Pastikan ini adalah opsi yang tepat—Upload pengguna dengan spreadsheet jika Anda menambahkan maksimal 150.000 pengguna. Namun, jika Anda memiliki server LDAP, seperti Microsoft Agile Directory, atau memiliki keterampilan pemrograman, sebaiknya gunakan opsi lain untuk organisasi yang lebih besar. Untuk mengetahui detailnya, lihat Opsi untuk menambahkan pengguna.

    Jika Anda memperbarui akun pengguna, perlu diingat bahwa spreadsheet dapat mencakup maksimal 200 pengguna yang sudah ada, yang ditetapkan lisensi baru.

  • (Pelanggan Paket Tahunan) Pastikan Anda memiliki lisensi yang cukup—Sebelum menambahkan pengguna, Anda mungkin perlu menambahkan lisensi ke akun Anda. Pelajari cara mendapatkan lebih banyak lisensi.
  • (Pelanggan Paket Fleksibel) Biaya langganan Anda bergantung pada jumlah pengguna yang dimiliki—Menambahkan akun pengguna akan otomatis menaikkan biaya pembayaran bulanan.
  • (Pelanggan edisi Google Workspace Business) Anda dapat menambahkan maksimum 300 pengguna. Paket Enterprise tidak memiliki batas pengguna minimum atau maksimum.
  • Pemberian lisensi otomatis lebih diutamakan—Jika Anda menambahkan pengguna ke unit organisasi yang telah mengaktifkan pemberian lisensi otomatis, setelan pemberian lisensi otomatis akan lebih diutamakan daripada lisensi yang Anda tetapkan ke pengguna dalam file CSV. Mistake tidak akan ditampilkan di file log.
  • Mungkin terdapat akun yang tidak dikelola—Periksa untuk memastikan apakah orang yang ingin Anda tambahkan sudah memiliki Akun Google. Kemudian, ikuti langkah-langkahnya untuk menghindari konflik dengan akun tersebut. Buka Menemukan dan menambahkan pengguna yang tidak dikelola.
  • Mungin terdapat akun pengunjung—Jika pengguna mengundang orang di luar organisasi Anda yang tidak memiliki Akun Google untuk berkolaborasi di Drive, mereka akan menerima akun pengunjung, dalam formatnamapengguna_pengunjung@domain_anda.com. Jika Anda menambahkan pengguna dengan nama pengguna yang sama seperti akun pengunjung, akun tersebut akan dikonversikan ke akun Google Workspace sepenuhnya. Akun tersebut akan mempertahankan izin file Bulldoze-nya saat itu. Pelajari lebih lanjut cara berbagi dokumen dengan pengunjung.

Buka semua   |   Tutup semua

Menambahkan pengguna dari spreadsheet

Jika Anda menggunakan file CSV untuk membuat akun baru, pengguna tidak akan menerima electronic mail sambutan pengguna baru dengan kredensial mereka. Anda harus mengirimkan kredensial akun pengguna baru secara terpisah.

Tips: Jika Anda lupa sandi pengguna baru, reset sandi tersebut, lalu kirim email baru ke pengguna.

Langkah 1: Download file template

  1. Dari Halaman beranda konsol Admin, buka Pengguna.
  2. Di bagian atas halaman, klik Update massal pengguna.

    Update massal pengguna dipilih di bagian atas tabel pengguna.

  3. Klik Download template CSV kosong untuk mendownload file nilai yang dipisahkan koma (.csv).
  4. Buka file CSV tersebut di aplikasi spreadsheet, seperti Google Spreadsheet atau Microsoft Excel.

    File tersebut memiliki kolom untuk atribut yang dapat muncul di setiap profil pengguna. Profil akan muncul di konsol Admin dan Pengelola Kontak pengguna.

Langkah 2: Masukkan informasi pengguna

  1. Untuk setiap pengguna yang ingin ditambahkan, masukkan informasi wajib berikut di kolom ini dalam spreadsheet:
    • First Name
    • Terminal Name
    • Email Address—Gunakan format namapengguna@instance.com
    • Countersign—Minimum eight karakter.
    • Org Unit Path—Masukkan / (garis miring) untuk memasukkan pengguna dalam unit organisasi tingkat teratas. Anda mungkin perlu melakukannya jika belum menyiapkan hierarki organisasi di konsol Admin.

      Untuk mengetahui deskripsi kolom dan item format, tinjau panduan di bawah.

      Spreadsheet Anda akan tampak seperti ini:

      Sample of bulk upload users CSV file with entries in all required columns.

  2. (Opsional) Untuk mewajibkan pengguna mereset sandi saat pertama kali login, di kolom Change Password at Next Sign-In, masukkan True. Jika tidak, kosongkan kolom tersebut.
  3. (Opsional) Untuk menentukan informasi tambahan, seperti electronic mail pemulihan, alamat rumah, atau lisensi, masukkan ke dalam kolom yang tersisa.

Langkah 3: Simpan file

Setelah Anda mengisi spreadsheet, simpan sebagai file CSV (.csv).

Catatan:

  • Ukuran maksimum file CSV adalah 35 MB.
  • Jumlah data maksimum per file adalah 150.000.

    Jika file Anda lebih besar atau memiliki terlalu banyak data, buka di program spreadsheet, bagi tabel menjadi beberapa file terpisah, lalu simpan tiap file sebagai file CSV. Pastikan Anda menyertakan baris judul kolom di semua file CSV.

  • Untuk mengupload nama pengguna non-ASCII atau byte ganda, simpan dulu file CSV dalam UTF-8, termasuk BOM.

Langkah 4: Upload file

  1. Di bagian atas halaman Pengguna, klik Update massal pengguna.
  2. Klik Lampirkan file CSV.
  3. Temukan lokasi file di komputer Anda dan lampirkan file CSV.
  4. Klik Upload. Jika terjadi error, masukkan informasi yang kurang ke spreadsheet, lalu upload file lagi. Untuk informasi selengkapnya, buka Menyelesaikan error umum di bawah.

    Daftar tugas Anda akan terbuka secara otomatis dan menampilkan proses upload. Setelah proses selesai, Anda akan menerima laporan e-mail.

    Jika terjadi error saat proses, download file log dari Daftar tugas. Untuk informasi selengkapnya, buka Menyelesaikan mistake umum di bawah.

Diperlukan waktu hingga 24 jam agar pengguna baru dapat mengakses layanan Google dan muncul di Direktori. Pelajari Direktori lebih lanjut.

Mengikuti panduan format spreadsheet

Panduan umum

Jika Anda ingin... Ikuti panduan berikut...
Memasukkan beberapa nilai dalam satu kolom Untuk beberapa nilai dalam satu kolom, seperti nomor telepon dan alamat email, pisahkan nilai tersebut dengan koma (tetapi tanpa spasi)—misalnya: namapengguna1@domain.com,namapengguna2@domain.com
Masukkan nilai beserta koma, dengan pemisah baris, atau tanda petik

Sertakan nilai dalam tanda petik—misalnya, "Jalan Taman No. 123, Jakarta"

Mengupload nama pengguna non-ASCII atau byte ganda Pastikan file CSV disimpan dalam format UTF-8 agar nama pengguna dapat dibaca.
Menambahkan kolom lainnya Anda hanya dapat memasukkan informasi di kolom yang tersedia di file yang didownload. Anda tidak dapat menambahkan kolom baru, seperti kolom untuk atribut khusus.
Mengupload pengguna yang sudah ada Jika Anda memasukkan alamat email atau email allonym pengguna yang sudah ada di kolom E-mail Accost, akun pengguna yang sudah ada akan diperbarui dengan perubahan apa pun yang Anda buat pada informasi mereka di kolom lainnya.

Referensi kolom

Kolom yang wajib diisi

Kolom Deskripsi/Format
Get-go Name / Last Name Nama depan dan nama belakang masing-masing dapat berisi maksimum sixty karakter.
Email Address Nama login pengguna. Masukkan alamat email lengkap: namapengguna@example.com
Countersign Sandi peka terhadap huruf besar/kecil. Secara default, sandi harus berisi minimum 8 karakter. Anda dapat mengubah persyaratan sandi untuk organisasi Anda.

Jika Anda ingin memperbarui pengguna yang sudah ada dan tidak ingin mengubah sandinya, masukkan **** (four tanda bintang).

Org Unit Path

Untuk memasukkan pengguna dalam unit organisasi.

Jika Anda belum menyiapkan hierarki organisasi: Hanya masukkan / (garis miring) untuk memasukkan semua pengguna dalam unit organisasi induk tingkat teratas. Anda dapat memindahkan pengguna ke unit of measurement organisasi lainnya yang Anda buat di lain waktu.

Jika sudah menyiapkan hierarki organisasi: Gunakan format dalam contoh berikut untuk memasukkan setiap pengguna di unit organisasi—unit of measurement organisasi induk tingkat teratas atau unit of measurement organisasi turunan di bawahnya.

Contoh:

  • /(untuk induk tingkat teratas— jangan masukkan nama domain)

  • /Penjualan (untuk turunan di bawah induk tingkat teratas)

  • /Siswa/Kelas 1

Kolom opsional

Kolom Format
Password Hash Office [Upload Only]

Tentukan salah satu fungsi hash yang didukung berikut:MD5, SHA-i, atau catacomb.

Kolom Password harus berisi sandi yang di-hash. Misalnya, jika Anda menggunakan SHA-1 dan hash sandi abc adalah xyz, masukkan xyz di kolom Countersign.

Tips: Anda dapat menemukan utilitas di spider web untuk membuat sandi yang di-hash menggunakan fungsi hash yang didukung.

Recovery E-mail dan Recovery Telephone

Untuk memasukkan informasi pemulihan yang digunakan untuk verifikasi login.

  • Recovery email—Alamat email di luar domain Anda.
  • Recovery phone—Harus dalam format East.164. Nomor telepon harus dimulai dengan tanda plus (+), diikuti kode negara, kode wilayah, dan nomor telepon. Panjang maksimum 15 digit. Contoh: +16505551212.

    Catatan: Nomor telepon pemulihan untuk setiap pengguna harus unik. Jika nomor telepon pemulihan yang sama digunakan oleh beberapa pengguna, nomor tersebut otomatis diblokir demi alasan keamanan.

  • Employee ID—Beberapa verifikasi login meminta pengguna memasukkan ID karyawan. ID dapat berisi angka, huruf, dan simbol. Untuk mengetahui detailnya, buka Menambahkan ID karyawan sebagai verifikasi login.
Work/Dwelling Address Jika menyertakan koma dan baris baru di alamat, sertakan alamat dalam tanda kutip ganda—misalnya, "Jalan Taman No. 123, Dki jakarta"
New Primary Email [Upload Only] Hanya untuk mengedit akun pengguna yang sudah ada. Tentukan alamat electronic mail utama baru (nama pengguna).
Building ID, Flooring Name, dan Floor Section Untuk memasukkan informasi ini, ikuti panduan berikut.
Change Password at Next Sign-In Untuk mewajibkan pengguna mengubah sandi saat login berikutnya ke akun mereka, masukkan TRUE. Jika tidak, biarkan kolom kosong atau masukkan Faux.
New Status [Upload But] Hanya untuk mengedit akun pengguna yang sudah ada. Untuk mengarsipkan atau menangguhkan pengguna, masukkan Archived atau Suspended. Untuk membatalkan pengarsipan atau memulihkan pengguna yang ditangguhkan, masukkan Agile.
New Licenses [Upload Only]

Hanya untuk mengedit akun pengguna yang sudah ada. Untuk menetapkan lisensi yang berbeda kepada pengguna, masukkan ID SKU untuk lisensi tersebut. Pisahkan beberapa ID lisensi dengan koma—misalnya:1010020020,Google-Drive-storage-20GB,1010330002

Spreadsheet dapat berisi hingga 200 pengguna yang akan diberi lisensi baru.

Menyelesaikan error umum

Error saat mengupload file CSV

Mistake Penyebab/Solusi
File kosong File tidak berisi informasi apa pun.
Format file salah atau nama kolom tidak dikenal Kolom dalam file harus berjudul First Name [Required], Last Proper name [Required], Email Address [Required], Password [Required], dan Org Unit of measurement Path [Required].
File harus memiliki kolom "nama kolom" Kolom yang wajib diisi tidak ada.
Kolom "nama kolom" di baris nn kosong Di baris yang disebutkan, ada kolom yang wajib diisi tetapi kosong.

Misalnya, Anda akan melihat fault Kolom "Org Unit Path [Required]" di baris 2 kosong jika tidak memasukkan unit organisasi tempat Anda ingin memasukkan akun pengguna. Buka Org Unit Path di atas.

File terlalu besar untuk diupload Ukuran file CSV lebih dari 35 MB atau terdapat lebih dari 150.000 data dalam file. Buka file dan bagi tabel menjadi beberapa file terpisah. Simpan masing-masing file sebagai file CSV. Pastikan Anda menyertakan baris judul kolom di semua file CSV.
Jumlah kolom salah di baris nn Kolom untuk baris tertentu tidak ada.
"Electronic mail Address [Required]" berisi nama pengguna yang dicadangkan untuk sistem di baris nn Beberapa akun sudah dicadangkan dan tidak dapat dibuat—misalnya, abuse dan postmaster.
Action_Failed: User_LIMIT_EXCEEDED Anda telah mencapai batas jumlah lisensi yang dapat ditambahkan ke edisi Google Workspace Anda, sehingga beberapa pengguna di file CSV tidak mendapatkan lisensi.

Catatan: Akun Google ditambahkan mulai dari baris teratas file CSV sampai tidak ada lagi lisensi yang tersedia.

Error di file log

Error Penyebab/Solusi
ACTION FAILED: Validation Entri berisi karakter yang tidak didukung. Untuk mendapatkan bantuan, lihat Panduan nama pengguna dan nama grup.
ACTION FAILED: UNKNOWN ERROR Kemungkinan besar terjadi error sementara. Coba upload file CSV lagi, atau upload item dalam beberapa file terpisah yang lebih kecil. Error ini juga dapat terjadi jika Anda memasukkan nama domain yang salah di alamat e-mail pengguna (setelah tanda @) di kolom Email Address.
Activity FAILED: INSUFFICIENT LICENSES Akun Google organisasi Anda tidak memiliki cukup lisensi untuk semua pengguna baru di file CSV. Akun ditambahkan mulai dari baris teratas hingga tidak ada lagi lisensi yang tersedia. Anda dapat membeli lebih banyak lisensi, lalu mengupload pengguna yang tersisa di file CSV.
ACTION FAILED: OU INVALID

Mistake ini biasanya menunjukkan salah satu mistake pemformatan berikut:

  • Kolom Org Unit of measurement Path tidak diformat dengan benar.
  • Satu atau beberapa unit organisasi yang Anda masukkan tidak ada di konsol Admin. Pastikan nama unit organisasi cocok dengan nama di hierarki organisasi di konsol Admin.
Action FAILED: USER Proper noun INVALID Alamat e-mail (nama pengguna) di kolom Email Address tidak diformat dengan benar. Pastikan Anda memasukkan alamat e-mail lengkap pengguna. Periksa juga spasi dalam alamat.
ACTION FAILED: PERMISSION DENIED Alamat e-mail pengguna di kolom Email Address mencakup nama domain (setelah simbol @) yang tidak terkait dengan Akun Google organisasi Anda. Pastikan Anda memasukkan nama domain di alamat e-mail dengan benar.
Activeness FAILED: PASSWORD HASH Office INVALID Kolom Password Hash Function berisi nama fungsi hash yang salah.
ACTION FAILED: UPDATE USER LICENSES FAILED Satu atau lebih ID SKU di kolom New License tidak dapat diperbarui untuk pengguna. Pastikan ID SKU sudah benar dan kolom diformat dengan benar untuk beberapa ID SKU.
Activeness FAILED: ONLY VFE ALLOWED Pengguna saat ini memiliki lisensi Mantan Karyawan Vault (VFE), tetapi kolom New License berisi ID SKU untuk lisensi selain VFE. Anda tidak dapat menambahkan jenis lisensi lain untuk pengguna dengan lisensi VFE.
ACTION FAILED: UNASSIGNABLE LICENSE Kolom New License berisi ID SKU untuk produk yang langganannya tidak Anda ikuti.
ACTION FAILED: MULTIPLE LICENSES IN Same Product Kolom New License berisi beberapa ID SKU untuk produk yang sama—misalnya, beberapa SKU penyimpanan Drive.
Action FAILED: REPEATED SKU ASSIGNMENTS FOR USER Kolom New License berisi ID SKU yang sama sebanyak 2 kali atau lebih.
Action FAILED: SKU SWITCH RESTRICTED Kolom New License berisi ID SKU untuk produk yang saat ini langganannya tidak mengizinkan Anda melakukan upgrade ataupun downgrade.
Activity FAILED: UPDATING DELETED USER Kolom New License berisi ID SKU, tetapi akun pengguna dihapus.

Jika Anda menambahkan pengguna ke unit organisasi yang mengaktifkan pemberian lisensi otomatis, setelan pemberian lisensi otomatis akan lebih diutamakan daripada lisensi yang Anda tetapkan ke pengguna di file CSV. Error tidak akan ditampilkan di file log.

Memperbarui akun pengguna yang ada

Mengedit akun dengan spreadsheet

Anda dapat menghemat waktu saat perlu mengedit beberapa akun dengan mendownload daftar akun dari konsol Admin.

Sebelum memulai

  • Informasi apa pun di kolom yang dapat diedit akan menggantikan informasi yang ada di konsol Admin saat Anda mengupload file.
  • Untuk kolom yang tidak ingin diubah, Anda bisa menghapusnya (jika kolom tidak diperlukan), membiarkan informasi kolom tersebut di dalam file, atau menghapus informasi di dalamnya.
  • Jika Anda menghapus semua informasi dari kolom yang tidak diperlukan, tetapi tidak menghapus kolom di spreadsheet, informasi yang ada tidak akan dihapus dari akun pengguna saat Anda mengupload file.
  • Jika Anda tidak ingin mengubah sandi pengguna, pastikan kolom Countersign berisi simbol **** (4 tanda bintang).
  • Jika tidak ingin mengedit informasi pengguna tertentu, Anda dapat melewati baris pengguna tersebut di spreadsheet atau menghapusnya. Jika Anda menghapus semua informasi pengguna di file, akun pengguna tidak akan dihapus.
  • Untuk mengubah nama pengguna, masukkan alamat email baru di kolomNew Primary Email.
  • Jika Anda telah mengubah domain primer untuk akun Google Workspace, lihat Mengganti nama alamat pengguna secara massal setelah mengubah domain primer untuk mendapatkan petunjuk spesifik.

Untuk mengedit beberapa akun pengguna

  1. Dari Halaman beranda konsol Admin, buka Pengguna.
  2. Di bagian atas halaman, klik Update massal pengguna.

    Update massal pengguna dipilih di bagian atas tabel pengguna.

  3. Klik Download Info Pengguna dalam File CSV untuk mendownload file nilai yang dipisahkan koma (.csv) dengan semua akun pengguna.

    Daftar tugas akan terbuka secara otomatis dan menampilkan progres download.

  4. Di bagian Tugas Anda, klik Download CSV.
  5. Buka file CSV tersebut di aplikasi spreadsheet, seperti Google Spreadsheet atau Microsoft Excel.

    File memiliki kolom untuk atribut di setiap profil pengguna.

  6. Edit informasi di dalam file.
  7. Setelah spreadsheet diisi, simpan sebagai file CSV.
  8. Di bagian atas halaman Pengguna, klik Update massal pengguna.
  9. Klik Lampirkan file CSV.
  10. Temukan lokasi file di komputer Anda dan lampirkan file CSV.
  11. Klik Upload.
  12. Jika terjadi fault, masukkan informasi yang kurang ke spreadsheet, lalu upload file lagi. Untuk informasi selengkapnya, buka Menyelesaikan error umum.

    Daftar tugas Anda akan terbuka secara otomatis dan menampilkan proses upload. Setelah proses selesai, Anda akan menerima laporan email.

  13. Jika terjadi error saat proses, download file log dari Daftar tugas. Untuk informasi selengkapnya, buka Menyelesaikan mistake umum.

Menyinkronkan data pengguna dengan server LDAP

Jika memiliki server LDAP, seperti Microsoft Active Directory, Anda dapat menggunakan Google Deject Directory Sync untuk menyinkronkan pengguna Google, grup, dan kontak bersama agar sesuai dengan informasi di server LDAP Anda.

Ingin meminta orang lain melakukan hal ini? Dapatkan bantuan profesional saat melakukan penyiapan.

Artikel terkait

  • Mereset sandi pengguna
  • Menyiapkan pemulihan sandi untuk pengguna
  • Menambahkan akun pengguna satu per satu


Google, Google Workspace, serta merek dan logo yang terkait adalah merek dagang Google LLC. Semua nama perusahaan dan produk lainnya adalah merek dagang masing-masing perusahaan yang terkait.

Apakah ini membantu?

Bagaimana cara meningkatkannya?